Sejarah Dinas Perpustakaan

 

Keberadaan Perpustakaan Kabupaten Lampung Tengah tidak terlepas dari Undang-Undang nomor 22 tahun 1999 tentang Pemerintah Daerah, dimana struktur Pemerintah Daerah berubah dari system Pemerintah sentralisasi menjadi desentralisasi, dan juga disesuaikan dengan keputusan daerah masing-masing termasuk didalamnya masalah perpustakaan.

 

 

Terkait pelaksanaan UU No. 22 tahun 1999 Kabupaten Lampung Tengah Melalui Perda nomor 4 tahun 2001 Tentang Pembentukan Lembaga Teknis Daerah, kegiatan perpustakaan dikelola oleh bagian yang digabung dengan arsip yaitu bagian Arsip dan Perpustakaan dibawah Sekretariat Daerah Kabupaten Lampung Tengah.

 

 

Dalam perkembagan selanjutnya, bagian Arsip dan Perpustakaan berubah menjadi Kantor Arsip dan Perpustakaan melalui Perda nomor 12 tahun 2004, begitu juga dengan Perda nomor 12 tahun 2007 Tentang struktur organisasi perangkat Daerah, tetap menjadi Lembaga Teknis Daerah sampai dengan 2016.

 

 

Pada Peraturan daerah kabupaten Lampung Tengah Nomor : 09 Tahun 2016 Tentang : Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Lampung Tengah. Kantor Arsip dan Perpustakaan berubah menjadi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan sampai dengan sekarang.